Skip to main content

4 Parameter yang Bisa Digunakan Mengukur Efektivitas Content Marketing

 Content marketing dinilai sebagai salah satu strategi pemasaran yang harus dilakukan dalam berbisnis. Strategi ini dinilai efektif karena tidak hanya fokus pada pemasaran saja, tapi juga dalam hal kualitas konten yang dihadirkan. Kunci utamanya adalah konten yang berkualitas dan sesuai dengan minat audiens. Agar content marketing dapat berjalan dengan efektif, perlu adanya parameter atau metrik tertentu yang bisa menjadi patokan keberhasilan suatu content marketing. Berikut adalah beberapa metrik penting yang harus diketahui oleh bisnis marketer.

1. Consumption Metrics

Pada dasarnya, consumption metrics digunakan untuk mengukur seberapa banyak pengunjung atau audiens yang melihat konten yang Anda buat. Elemen-elemen yang bisa diamati pada metrik ini seperti website traffic, page views, video views, document views, dan sebagainya.

Source: miword.com

Misalnya, apabila perusahaan Anda memiliki website atau sebuah blog, metrik ini merupakan ukuran untuk mengetahui seberapa besar traffic ataupun page views dari website perusahaan Anda. Sementara untuk Youtube misalnya, consumption metrics dilihat dari seberapa banyak jumlah views dari konten video yang Anda buat.

Consumption metrics dapat diamati menggunakan tools dari pihak ketiga seperti Google Analytics, Youtube Insight, Instagram Insight, dan sebagainya. Hasil dari pengukuran metrik ini dapat digunakan untuk memberikan pertimbangan dalam pelaksanaan content marketing ke depannya, sehingga lebih sesuai dengan realita yang ada.

2. Sharing Metrics

Sharing metrics merupakan salah satu yang paling populer karena implementasinya yang mudah. Indikator keberhasilan dari metrik ini adalah jumlah share dari konten yang Anda buat. Elemen-elemen yang diamati misalnya, likes, shares, tweets, dan sebagainya.

Source: business.tutsplus.com

Metrik ini juga bisa menjadi indikator dari kualitas konten Anda. Maksudnya adalah, semakin bagus konten Anda, maka jumlah share juga akan semakin meningkat. Selanjutnya Anda juga bisa mengetahui jenis konten apa yang paling diminati oleh audiens, sehingga ke depannya Anda bisa membuat konten dengan lebih fokus pada minat dan kebutuhan audiens Anda.

Untuk mengukur sharing metrics Anda bisa menggunakan tools seperti Buzzumo, Ahrefs, ContentStudio, dan lain sebagainya. Tools tersebut dapat menyajikan informasi berupa konten mana saja yang paling banyak di-share. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai data penting lainnya yang berhubungan dengan content marketing.

3. Lead Generation Metrics

Lead generation metrics digunakan untuk melihat seberapa banyak audiens Anda yang bersedia memberikan informasi pribadinya ataupun melakukan tindakan tertentu setelah mengkonsumsi konten Anda, misalnya pengisian formulir, download, berlangganan email, berlangganan blog, menuju URL tertentu, dan sebagainya.

Misalnya, seorang pengunjung website Anda memutuskan untuk berlangganan email setelah membaca beberapa artikel. Dalam berlangganan email, biasanya orang tersebut akan diminta mengisi formulir tertentu yang berisi alamat email, nama lengkap, ataupun informasi lainnya.

Keberhasilan konten Anda untuk mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan tertentu bisa menjadi tolok ukur efektivitas dari content marketing yang Anda lakukan. Pada akhirnya, lead generation metrics bisa memberikan peluang yang lebih baik untuk mengubah audiens biasa menjadi konsumen.

4. Customer Loyalty Metrics

Pada dasarnya metrik ini lebih fokus pada audiens yang sudah menjadi konsumen Anda. Dalam menjalankan bisnis, selain menjaring konsumen baru, Anda juga tidak boleh melupakan konsumen yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu yang harus Anda lakukan adalah menjaga loyalitas mereka kepada brand Anda. Beberapa indikator dalam metrik ini misalnya berapa persentase konsumen yang masih mengkonsumsi konten Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melihat indikatornya dari pengulangan atau pembaruan atas langganan yang sudah dilakukan sebelumnya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki layanan berlangganan premium tertentu, apakah konsumen tersebut bersedia untuk memperbarui langganannya setelah masa berlakunya habis? Bagaimana konten yang Anda buat dapat mempengaruhi mereka untuk memperbarui/memperpanjang langganannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda jawab melalui metrik ini.

Demikian pembahasan mengenai 4 parameter untuk mengukur efektivitas content marketing. Agar bisnis Anda semakin berkembang, Anda juga perlu melakukan inovasi-inovasi berbasis teknologi. Setujukah anda? silahkan komen kalau ada yg mau ditambahkan... salam SUKSES!


dikutip dari artikel Xendit.

Comments

Popular posts from this blog

PARTY ZOO Aset $100 --> $250 dalam 10 hari!! Investasi berbasis Blockchain 2021 untuk semua golongan!

  THIS IS SCAM! DO NOT ENTER!! INI ADALAH SCAM! JANGAN JOIN!! (Update 24 April 2021) Party Zoo adalah proyek investasi terbaru yang diluncurkan oleh GVC Group pada awal tahun 2021, bertema hewan dan sangat interaktif. Anggota dapat berinvestasi dalam mengadopsi hewan peliharaan favorit mereka. Seiring waktu, nilai hewan peliharaan akan terus tumbuh, dan pada saat yang sama mereka juga akan mendapatkan sejumlah mata uang digital PETC. Investor bisa memperoleh pendapatan dengan membeli dan menjual hewan peliharaan.Saat perusahaan mengeluarkan mata uang digital PETC secara resmi, investor juga bisa memperolehnya manfaat tambahan. Hewan peliharaan hanyalah alat untuk interaksi dan investasi anggota. Tujuan perusahaan adalah untuk memungkinkan lebih banyak orang berpartisipasi dalam pembangunan rantai ekologi aset digital. Pada saat bersamaan, juga mendapatkan keuntung besar. GVC Group berencana untuk mengembangkan proyek ini dalam dua tahap, Fase pertama, pada paruh pertama 2021 (Ren...

Oxone X Egogohub Indonesia collaboration

Tahun 2023 ini Oxone X Egogohub Indonesia mengadakan kolaborasi dengan menjadikan Oxone sebagai pioneer di kategori Kitchenware cookware air frier Panci Presto Kitchen Set dan Slow Juicer dimulai dengan adanya ketertarikan Oxone untuk melebarkan sayapnya di industri Ecommerce, dengan menggandeng Egogo hub Indonesia selaku Ecommerce Enabler yang memiliki sepak terjang di dunia Ecommerce khususnya kategori Kitchenware cookware air frier Panci Presto Kitchen Set dan Slow Juicer kunjungi web  Oxone Oxone adalah Brand Kitchenware cookware air frier Panci Presto Kitchen Set dan Slow Juicer yang sudah menemani masyarakat Indonesia lebih dari dua dasawarsa  Judul: Kolaborasi Oxone X Egogohub Indonesia: Menghadirkan Keunggulan dalam Dunia Masak Pengantar Dalam dunia inovasi kuliner yang terus berkembang, kolaborasi Oxone X Egogohub Indonesia menjadi sorotan utama. Kemitraan revolusioner ini menggabungkan dua pemimpin industri untuk mendefinisikan ulang pengalaman dapur dengan fokus pad...

JANGAN LEWATKAN BACA! 9 Sifat Uang yang WAJIB diketahui.

  Pernahkah anda berpikir kenapa kita selalu kehabisan UANG ? Mengapa banyak orang mendapatkan UANG jauh lebih mudah bahkan dengan effort yang jauh lebih kecil? Mengapa kita sering kehilangan kesempatan? Kali ini saya akan membantu anda menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tadi... UANG adalah benda yang sangat penting dalam kehidupan. Banyak orang bilang kalau UANG belum tentu bisa buat kita bahagia, tapi tidak punya UANG malah bikin kehidupan kita jauh lebih menyedihkan. Mau tidak mau suka tidak suka UANG sangat berarti untuk kehidupan kita, tanpa UANG kita tidak akan bisa makan, tanpa UANG Kita tidak akan bisa memberikan kehidupan yang jauh lebih baik untuk orang-orang yang kita cintai, tanpa UANG kita tidak akan bisa memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat dan negara. Dengan adanya UANG bisa menyelesaikan hampir 80% masalah kita. UANG memang tidak bisa memberikan kita kesehatan, tapi UANG bisa memberikan pengobatan terbaik. UANG memang tidak bisa memberik...